Kontrasepsi untuk Perencanaan Keluarga

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Wed, September 2023 • 105

Tahukah dulur data, setiap tanggal 26 September diperingati sebagai Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Days. Peringatan ini digagas sejak tahun 2007 ketika 10 organisasi keluarga berencana internasional mendorong penggunaan kontrasepsi untuk memungkinkan keputusan terencana dalam memulai sebuah keluarga. Karena keluarga bukan ada secara kebetulan, tetapi direncanakan. Lalu bagaimana penggunaan kontrasepsi di Kota Bandung dalam merencanakan keluarga?

Berdasarkan data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tahun 2022, jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) usia 15-49 tahun yang menjadi peserta KB aktif sebanyak 233.686 pasangan atau mencapai 76,32% dari seluruh PUS di Kota Bandung. Jika dilihat dari jenis kontrasepsi yang digunakan dalam 6 tahun terakhir, jenis kontrasepsi suntikan dan IUD menjadi yang paling banyak digunakan oleh peserta KB aktif di Kota Bandung. Bahkan di tahun 2022, persentase penggunaan IUD meningkat signifikan hingga melampau persentase penggunaan suntikan.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.