Geliat Sektor Lapangan Usaha Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Thu, June 2022 • 571

Berdasarkan data yang dihimpun BPS dari tahun 2010 hingga 2021, lima sektor lapangan usaha secara konsisten menduduki peringkat teratas untuk nilai produksi yang dihasilkannya setiap tahun, yaitu: sektor perdagangan besar dan eceran, sektor industri pengolahan, sektor informasi dan komunikasi, sektor konstruksi serta sektor transportasi dan pergudangan.

Namun, dari lima sektor tersebut di atas, hanya dua sektor yang tidak mengalami penurunan nilai produksi di saat perekonomian goyah akibat pandemi covid-19 di tahun 2020 lalu, yaitu sektor industri pengolahan dan sektor informasi dan komunikasi. Bahkan sektor informasi dan komunikasi justru melesat nilai produksinya dengan pertambahan sebesar 32% di tahun 2020.

Di tahun 2021, nilai produksi sektor informasi dan komunikasi ini hampir menyamai sektor industri pengolahan di peringkat ke dua dan hanya terpaut kurang dari 400 milyar rupiah. Patut ditunggu konsistensi peningkatan dari sektor informasi dan komunikasi ini, apakah akan menjadi sektor unggulan Kota Bandung di masa depan?!


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.