Akses Air Minum Berkualitas Warga Kota Bandung

Visualisasi & Narasi oleh Musliman Somantri Mon, March 2023 • 164

Tahukah Dulur Data?! Setiap tanggal 22 Maret, diperingati sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day). Peringatan ini diinisiasi sebagai bentuk kesadaran dan upaya mencegah krisis air global di masa depan, salah satunya yaitu krisis akses air minum yang berkualitas/layak bagi penduduk. Lalu bagaimana potret akses air minum berkualitas di Kota Bandung?!

Hingga tahun 2020, Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat sebanyak 2.007.986 penduduk Kota Bandung sudah memperoleh akses air minum berkualitas melalui 429.338 sarana air minum yang tersedia.

Adapun sarana air minum tersebut terbagi menjadi 5 jenis, yaitu PDAM, sumur bor, sumur gali, mata air terlindung dan terminal air. Sarana sumur bor menjadi sarana air minum dengan jumlah sarana terbanyak di Kota Bandung. Sementara  jika dilihat dari segi jumlah penggunanya, sarana PDAM menjadi sarana air minum dengan jumlah pengguna terbanyak di Kota Bandung.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.