6,7 km Jalan Layang dan Terus Bertambah

Visualisasi & Narasi oleh Irfan Dary Mon, August 2022 • 271

Hampir setiap kota metropolitan di dunia tak bisa benar-benar lepas dari belenggu masalah kemacetan. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi dan manajemen lalu lintas yang tidak ideal selalu menjadi penyebab utama terjadinya penumpukan kendaraaan di jalanan perkotaan.

Salah satu kebijakan yang biasanya diambil untuk mengatasi permasalahan kemacetan adalah pembangunan fly over di lokasi-lokasi yang mengalami kemacetan. Fly over adalah satu jalan khusus yang terpisah dari persimpangan (melayang) untuk mengakomodasi pergerakan lalu lintas menerus. Dengan demikian, kendaraan tak perlu berhenti dan mengantri untuk menyeberangi persimpangan.

Sejak 2005, Kota Bandung mulai mengenal solusi kemacetan ini dengan dibukanya Jembatan Layang Pasupati yang menghubungkan Jalan Pasteur dengan Surapati. Hingga kini di kota kita sudah ada 5 fly over dengan total panjang tak kurang dari 6,7 km.


Maklumat: Seluruh isi narasi dan visualisasi murni untuk menyampaikan interpretasi analis pada hasil olahan data tanpa bertujuan untuk menguntungkan atau merugikan pihak manapun.