Tentang Open Data Kota Bandung


Apa itu Open Data?

Menurut Open Knowledge Foundation, open data adalah data yang dapat digunakan secara bebas serta digunakan dan didistribusikan ulang oleh siapa saja. Definisi open data dapat diringkas sebagai berikut.

  1. Ketersediaan dan akses (Availability and Access). Data harus tersedia secara penuh, diutamakan dapat diunduh melalui internet. Data juga harus tersedia dalam bentuk yang tepat dan dapat dimodifikasi.
  2. Digunakan kembali dan didistribusikan ulang (Re-use and Redistribution). Data harus dibawah ketentuan yang mengizinkan penggunaan kembali dan pendistribusian ulang termasuk menggabungkan dengan set data lain.
  3. Partisipasi universal (Universal participation). Setiap orang dapat menggunakan, menggunakan ulang, dan mendistribusikan tanpa adanya diskriminasi.

Open Data Kota Bandung

Open Data Kota Bandung merupakan inisiatif dan komitmen Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung Juara dan Bandung Smart City. Inisiatif ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Bandung, dalam hal ini diwakili oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan beragam komunitas baik lokal, nasional bahkan Internasional.


Visi Open Data Kota Bandung

Kehadiran open data Kota Bandung pada dasarnya bertujuan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Kota Bandung. Berdasarkan visi Kota Bandung, visi open data Kota Bandung adalah sebagai berikut:

Melalui Open Data Kita Wujudkan Bandung sebagai Kota yang Transparan, Akuntabel dan Inovatif


Misi Open Data Kota Bandung

Berdasarkan visi yang telah ditetapkan, misi dari implementasi open data Kota Bandung adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan dan Memperbaiki Pelayanan Publik di Kota Bandung. Dengan adanya open data, diharapkan terdapat perbaikan semua layanan publik di Kota Bandung. Dataset yang terdapat pada portal open data, dapat memberikan gambaran terkait pelayanan publik yang ada di Kota Bandung. Hal ini membuat adanya kesadaran baik dari sisi pemerintah sebagai provider layanan dan masyarakat sebagai customer layanan. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kesadaran dari berbagai pihak, pelayanan public di Kota Bandung dapat ditingkatkan dan diperbaiki secara berkesinambungan.

  2. Meningkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Pengumpulan dan Pemanfaatan Data di Kota Bandung. Portal open data diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam dua sisi, yaitu pengumpulan data dan pemanfaatan data. Dari sisi pemanfaatan data, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan data tersebut sehingga tercipta berbagai hal inovatif seperti aplikasi atau visualisasi. Dari isis pengumpulan data, masyarakat diharapkan dapat turut serta melakukan pengumpulan berbagai data yang tidak dapat dikumpulkan oleh dinas atau pemerintah.

  3. Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas dengan Mengoptimalkan Pengawasan Publik terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Kota Bandung. Berdasarkan UU No.14 Tahun 2008, terdapat informasi yang wajib disediakan dan diumumkan oleh badan publik. Dengan adanya portal open data, diharapkan berbagai data dari badan publik dapat turut serta dimuat. Oleh karena itu, diharapkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kota Bandung dapat semakin meningkat dengan adanya portal open data.

  4. Meningkatkan Integrasi Data Antardinas atau Lembaga di Kota Bandung. Dengan adanya open data, diharapkan dapat mampu meningkatkan keseragaman data yang ada di Kota Bandung. Hal ini dapat menyelesaikan masalah perbedaan data sejenis yang dibuat oleh berbagai dinas di Kota Bandung.


Kontak dan Narahubung

Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Bandung

u.p Bidang Data dan Statistik


enter image description here